Konsep OOP pada Java(Message & Parameter)
Message dan Parameter
Pada penjelasan sebelumnya (konsep OOP pada Java bagian-1) kita telah sedikit belajar tentang kelas yang di dalam nya kita pelajari object dan method. Pada kesempatan kli ini saya akan coba untuk menjelaskan message dan parameter yang keduanya masih erat hubungannya dengan method.
Sebuah object akan berguna bila ada object lain yang terkait, misalnya object televisi akan dapat digunakan bila ada object lain (contoh manusia) yang berinteraksi dengan televise tersebut. Dalam berinteraksi ini object yang satu dengan yang lain akan saling memberi dan menerima pesan(message), dalam setiap message pasti akan terdapat informasi, nah informasi inilah yang biasa disebut sebagai parameter, sebagai contoh manusia merubah volume televisi agar lebih besar agar lebih jelas perhatikan gambar berikut:
Implementasi dalam program bisa kita lihat dibawah ini;
1. Buatlh kelas dengan nama Tv()
public class Tv {
int volume;
String status;
//buat method
void ubahVolume(int besarkanVolume){
volume=volume+besarkanVolume;
System.out.println("Volume : "+volume);
}
void ubahStatus(String perubahanStatus){
status=perubahanStatus;
System.out.println("Status Volume : "+status);
}
}
Dari program di atas besarkanVolume dan perubahanStatus adalah parameter dari method ubahVolume dan method ubahStatus. Kemudian buatlah pula program dibawah in untuk mengetahui hasil programnya
2. Buat kelas TvBeraksi()
public class TvBeraksi {
public static void main(String[] args){
//membuat object
Tv tvKu=new Tv();
//memanggil attribut dan memberi nilai
tvKu.volume=10;
//memanggil method dan menunjuk parameter
tvKu.ubahVolume(11);
tvKu.ubahStatus("Sedang");
}
}
Hasil dari Program di atas sebagai berikut;
run:
Volume : 21
Status Volume : Sedang
Semoga Bermanfaat....
0 komentar:
Posting Komentar